Struktur tenda (bangunan bentang lebar)


Tenda adalah membran, ketegangan tipis anticlastic. didukung oleh lengkung comperssion atau tiang. itu merupakan variasi dari struktur kabel ganda culvatured dimana ruang antara kabel berkurang apa-apa dan permukaan menjadi membran terus menerus. di tenda kain tersebut menjalankan semua atau bagian dari kekuatan tarik. tenda kecil, seluruhnya terbuat dari kain biasanya didukung oleh tiang-tiang (kolom) atau lengkungan (gambar 11.1) sebagai kekuatan span meningkat meningkatkan ketegangan membran dan luas permukaan harus dibagi dengan kabel yang membawa beban tarik utama dengan kain yang mencakup antara kabel.

            Jika tepi tenda adalah fleksibel (tidak terikat) biasanya berbentuk menjadi kurva cekung untuk memastikan bahwa hal itu tetap di berikut tegangan. karena tepi adalah wilayah stres yang tinggi. itu yang konstan yang diperkuat kabel sedikit pun yang terus jangkar titik. titik anchor dapat dihubungkan ke kabel orang (yang mengirimkan pasukan ketegangan untuk yayasan atau mungkin tidak didukung oleh penyangga tiang atau kompresi (yang kompresi transfer beban ke tanah.)
                                                                          
                                             

              Struktur  tenda tipis,antiklastik, terdiri dari membran tarik yang didukung oleh struktur lengkung (arch) atau tiang (masts).
Jenis tenda :
1.       Internal masts
Tiang terdapat didalam membran,dimana tiang menompang membran.

2.       Internal Arch
Tidak menggunakan tiang, tetapi menggunakan struktur lengkung untuk menompang membran.

3.       External Masts
Menggunakan tiang terapi untuk di topang pada tengah membran namun di ujung tepinya.

Struktur tenda mempunyai kesamaan dengan jembatan gantrung dan kabel dobel kantilever  Yaitu di dukung  oleh tiang utama. Ada juga tenda menggunakan prinsip kabel untuk menopangnya
1.       Internal Masts,Tiang penyangga menopang di tepi tanda dengan percabangan yang menyatu di titik tiang utama.
2.       External Masts,dengan kabel suspensi tiang penyangga terletak di tepi dan pembagian beban seperti pada kabel dengan menggunakan kabel suspensi.
3.       Interior Masts,kabel suspensi di bawah pabric.

              Horst Berger. seorang insinyur yang terlibat sedikit pun desain banyak struktur tenda baru-baru ini. menulis sementara material dan teknologi telah maju secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. ada kurangnya tenda. sifat sementara dan kerentanan yang terkait dengan kata-kata dan tenda kain mengaburkan fakta bahwa struktur tesis lebih aman dan lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan sistem konvensional banyak karena mereka praktis berbobot dan memberikan terus menerus. fleksibel kedap air kulit. Kompleksitas struktur kain ada dimensi menyembunyikan konfigurasi culvilinear yang simplycity mendasari abillity untuk membawa beban. kesederhanaan ini membuat membran terlihat dari gambar yang benar dari aliran kekuatan sendiri.

             Untuk struktur kain. Architectureal dari dan fanction struktural adalah satu dan sama. sebagai enggirieening, hasil dan arsitektur tidak dapat dipisahkan. Dan pemahaman tentang struktur merupakan alat desain penting. karena hubungan erat antara tampilan visual dan perilaku structual tersebut dan pemahaman ini tidak sulit untuk dikembangkan. Mengamati struktur-struktur ini adalah cara terbaik untuk mulai dapat merancang mereka "(Berger, 1985).

             Cara lain untuk mengembangkan pemahaman intuitif bentuk yang sesuai untuk tenda adalah untuk bereksperimen dengan model skala menggunakan kain, stertchy double-merajut ringan didukung oleh lengkungan, tikar, atau string. Pada skala bangunan, bagaimanapun, minimal stetch yang diinginkan, bahkan, kain tenda yang dipilih untuk ketahanan mereka untuk meregangkan bawah beban (antara kualitas lain). Tiga-dimensi dari direpresentasikan dalam model oleh kain streched dibangun pada skala penuh dengan menyesuaikan bentuk dan lokasi panel individual sebelum perakitan. Techniqueis ini juga digunakan dalam desain dan konstruksi kapal layar untuk memastikan bentuk aerodinamis yang benar. Dalam struktur tenda kontemporer, model komputer tiga dimensi yang digunakan untuk merencanakan bentuk tenda dan stabilitas (serta longeity). Adalah penting bahwa tenda dirancang sebagai ganda kelengkungan struktur (gambar 11.12)







Gambar 11.3: paviliun, laut dunia (1980, San Diego, CA; Horst Berger, insinyur struktur). Perhatikan bahwa struts kompresi digunakan dukungan ti puncak atap sehingga menghindari penggunaan tiang-tiang pusat. Juga, struts kompresi horisontal di bawah kain menyelesaikan kekuatan dorong, menghilangkan kebutuhan untuk kabel orang memperluas luar perimeter struktur.



Gambar 11.4: kabel catenary diskors dari tiang-tiang dapat digunakan untuk mendukung puncak tenda: (a) eksternal tiang-tiang, (b) eksternal tiang-tiang dengan kabel suspensi, (c) tiang-tiang interior dengan kabel suspensi di bawah kain-mendukung surts.


Gambar 11.5: imajinasi bangunan (1994; london, Herron Associates, arsitek): bagian melalui galeri menunjukkan jamur berbentuk push-up strut digunakan untuk mendukung pusat atap kain.

MATERI
Traditonally, tenda dianggap hanya cocok untuk struktur sementara karena kemerosotan kain berkepanjangan akibat paparan sinar matahari. Perkembangan kain baik (terutama fiberglass) dan coating yang meminimalkan kerusakan akibat sinar matahari (Dupon telfon, misalnya) telah meningkatkan masa manfaat kain tenda ke lebih dari 20 tahun, membuat mereka suitbable untuk digunakan pada struktur permanen.

BATAS
Jika batas tenda fleksibel, mereka biasanya reinnforced dengan kabel. Ini mengambil bentuk tertentu cekung mereka sebagai akibat dari pola membran stres dan sistem pendukung struktur. batas-batas kaku, seperti dinding, balok, dan lengkungan, dapat mengambil bentuk apapun selama mereka menciptakan curvanture berguna sepanjang tepi membran dan mampu menahan tekanan dari itu.


Naungan payung di gurun panas yang intens adalah lebih baik daripada yang tertutup di gedung panas. Hal ini juga diakui bahwa mekanis AC dan pencahayaan sebuah bangunan dengan ukuran yang dibutuhkan untuk terminal akan sangat mahal. Apalagi mengingat periode tahunan yang singkat penggunaan puncak. Semua pertimbangan ini menyebabkan pilihan atap kain yang transparan. Mengirimkan berdifusi siang hari cukup untuk cukup untuk tiang terpasang uplight. Untuk pendinginan, bentuk dan tinggi dari tenda menggunakan konveksi termal alami untuk menginduksi ventilasi dan keluar melalui lubang pusat (editor 1979)

Tenda-tenda bergabung untuk menutupi 4,6 juta ft (430,000 Kubik m) lebih dari atap lain di dunia. Modul dasar kain tenda kerucut persegi 150 ft (39,4 m) di setiap sisi. Dua puluh satu modul seperti membentuk kelompok tunggal. dan ada dua set lima kelompok dibagi dengan mal taman (untuk total 210 modul tenda) kedatangan bangunan tertutup dan ber-AC yang terletak di bawah tenda sepanjang tepi luar terminal mempersatukan paralel ke apron pesawat (editor 1983)

Setiap modul terdiri dari tenda kain semiconical menghubungkan di puncak pusat terbuka untuk sebuah 13ft (3,96 m) ring baja ketegangan diameter dan ti membentang kabel perimeter yang dipasang pada keempat sudut ke midheight dari tiang-tiang penunjang. cincin ketegangan pusat dihentikan oleh kabel dipasangkan ke bagian atas setiap tiang-tiang penunjang. The teflon dilapisi fiberglass kain diperkirakan berlangsung 20 tahun. Hal ini diperkuat oleh 32 kabel baja yang membawa pasukan ketegangan utama. Sementara rentang kain antara kabel. Setelah di tempat dan dikencangkan. kain ini mengasumsikan pelana semiconical bentuk kelengkungan ganda yang menolak angin flutter (editor 1980)

Tiang-tiang pendukung (atau tiang) adalah 150 ft (46 m pipa baja tinggi dengan 7.4 ft (2.5m) diameter di pangkal runcing untuk 3,3 ft (1,0 m) di atas. Tiang interior mendukung empat sudut yang berdekatan tenda yang thursts batin mengimbangi ini sama lain, dan hanya beban lateral pada para anggota kantilever adalah karena angin di tepi kelompok tenda ada tenda berdekatan dengan mengimbangi dorongan batin karena dasar tenda (di midheight) tribun Pusat terbuka. selama bermain diajukan. seperti stadion Olimpiade munchen tiang-tiang ditempatkan di belakang tempat duduk untuk menjaga pandangan terhalang bermain diajukan dari tribun yang 60.000 kursi tenda mencakup total luas 500.000 ft (46,500 m) 

Membran kain membentang antara kabel punggungan, kabel lembah dan tepi catenary kabel, kabel punggungan tersambung ke tiang utama dan radial dalam rencana, kabel lembah antara punggungan kabel bawah jangkar dan menstabilkan struktur terhadap angin mengangkat mereka juga radial dalam rencana. Tepi luar kabel punggung bukit dan tepi luar dari ujung kabel catenary diadakan di titik tetap diciptakan oleh tiang miring dan dua orang kabel segitiga .. Untuk mengakhiri bagian dalam membran melekat pada sebuah cincin kabel kabel yang counterbalances yang thurst lahiriah memberikan redundansi dan kekakuan tambahan, sistem kabel tambahan ditambahkan. Ini terdiri dari penambahan kabel suspensi, kabel stabilisasi. Dan kabel dukungan atas semua selaras dengan kabel punggung setiap modul ini, bersama dengan tiang-tiang, kabel dukungan belakang dan kabel cincin membentuk sistem yang stabil tidak memerlukan partisipasi kain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar